Meng-export Visual Novel ke Android dengan Ren’Py

Bagi yang familiar dengan istilah Visual Novel, apalagi bagi para developer/pembuat Visual Novel, mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama Ren’Py. Yap,ย Ren’Py merupakan salah satu software yang umum digunakan untuk membuat Visual Novel, diperkenalkan pertama kali sekitar tahun 2004-2005an oleh PyTom, terutama untuk membuat OELVN (Original English ย Language Visual Novel) . Salah satu keunggulan Ren’Py dibandingkan dengan software pembuat visual novel yang lain (seperti ONScripter atau Novelty, sebatas itu sih yang saya tahu, hehe :D) adalah kompatibilitasnya lintas platform (multi-platform) yang bisa dijalankan baik di berbagai sistem operasi PC (Windows, Mac dan Linux) maupun mobile (Android, bahkan sekarang sudah mulai merambah ke iOS). Menakjubkan bukan? Seiring dengan perkembangan teknologi, sang developer Ren’Py, pak PyTom, tampaknya tidak lelah untuk terus meng-update software ini supaya tidak ketinggalan jaman.

Oh, jangan khawatir, program ini benar-benar gratis untuk di-download kok, bahkan untuk project komersial ๐Ÿ™‚ Ren’Py juga merupakan open source program, jadi Anda bebas memodifikasinya sesuai keperluan ๐Ÿ™‚

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman export project Visual yang sudah establish di versi PC ke versi Android. Outputnya nanti adalah file berekstensi .apk, yang bisa ย di-install langsung di Android device Anda, atau bisa juga diupload ke Google Play atau AppStore lain agar bisa dimainkan orang banyak ๐Ÿ˜€

Seperti inilah tampilan launcher Ren’Py yang sudah mendukung untuk export ke Android dan iOS (Sampai saat ini, Ren’Py terbaru setahu saya adalah versi 6.99)

launcher

Tampilan Ren’Py Launcher

Saya mengasumsikan bahwa Anda sudah paham opsi yang ada di launcher tersebut, sehingga yuk kita langsung mulai saja untuk export ke Android ๐Ÿ˜€

Sekedar saran saja sih, sebaiknya Anda pisah project yang akan Anda export ke Android dari versi PC-nya, karena akan ada beberapa perbedaan file yang diperlukan di versi Android nantinya, sekaligus akan lebih memudahkan dalam modifikasi dan back-up kedepannya. Seperti yang Anda lihat di screenshot saya di atas, ada dua project dengan nama yang sama, namun salah satunya memang saya “dedikasikan” untuk versi Android.

Untuk mulai membangun/build project Anda ke Android, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Mari kita mulai untuk meng-klik opsi “Android” pada launcher tersebut.

Maka Anda akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini

build1

Build Android

Dibawah menu “Build” terlihat ada 5 opsi, 2 opsi teratas harus dijalankan terlebih dahulu sebelum Anda mulai meng-export VN Anda ke Android. Dalam posisi default (pertama digunakan), opsi ke 3 sampai dengan 5 akan inactive (tercetak abu-abu) karena belum dapat digunakan sebelum Anda menginstall “material” yang diperlukan.

Nah kita ikuti saja sesuai urutan!

1. Install SDK & Create Keys

Pada tahapan ini Ren’Py akan mendownload file/library yang diperlukan dalam proses build ke Android, sehingga pastikan bahwa Anda terkoneksi ke jaringan internet dengan kecepatan memadai dan stabil. Karena ukuran file keseluruhan yang di-download cukup besar, saya menyarankan Anda menggunakan Wi-Fi agar tidak memakan waktu terlalu lama. Tahapan ini meliputi proses sebagai berikut:

  • Mengecek apakah JDK sudah terinstall dengan benar. JDK (Java Development Kit) mengandung beberapa tools yang akan digunakan oleh RAPT (Ren’Py Android Packaging Tools), termasuk tools yang digunakan untuk generate keys dan sign packages.
  • Menginstall ApacheAnt
  • Menginstall Android SDK
  • Menggunakan Android SDK untuk menginstall development packages yang sesuai
  • Membuat signing key yang akan digunakan untuk sign packages (android.keystore: akan di-generate di direktori dimana RAPT berada).

(p. s : saya sebenarnya kurang paham dengan detail bagian ini karena bukan programmer :p)

Jika Anda sama sekali tidak tahu apa-apa tentang tools-tools tersebut (seperti saya) jangan khawatir, karena Ren’Py secara otomatis akan mendownload semua material yang diperlukan, jadi tunggu saja dengan sabar dan mungkin bisa disambi hal lainnya :p

2. Configure

Tahapan ini meliputi pemberian nama aplikasi yang Anda buat, nama package (biasanya dengan format : com.domain.program), versi aplikasi, display aplikasi (apakah akan ditamplikan secara portrait/landscape, tergantung resolusi aplikasi juga sih. Kebanyakan VN yang saya jumpai selama ini ada dalam tampilan landscape), target dimana aplikasi dapat dijalankan (apakah di Android versi 2 keatas, 3 keatas, dsb), apakah aplikasi tersebut diijinkan untuk mengakses internet dan juga berbagai opsi lainnya.

Hal yang penting dalam tahap ini adalah opsi dimana Anda ditawari untuk membuat ekspansi .apk. Seperti yang Anda ketahui, bahwa Google Play membatasi developernya untuk mengunggah file .apk sampai dengan 50 MB, jika aplikasi Anda kebetulan melebihi ukuran file tersebut maka mau tidak mau Anda harus membuat file ekspansi (tambahan) yang berekstensi .obb,ย dan bukan .apk

Tenang, Ren’Py menyediakan fasilitas untuk membuat file ekspansi tersebut hanya dengan satu kali klik ๐Ÿ˜€

Choice : Expansion

Choice : Expansion

Tentunya jika memang dari semula Anda berencana untuk mengunggah Visual Novel tersebut ke Google Play dan ukuran file Anda lebih dari 50MB, maka pilihan kedualah yang dipilih ๐Ÿ™‚ tetap ada batasannya ya dalam meng-export VN ke Android, yaitu ukuran file keseluruhan maksimal 2 GB (dimana jarang sekali saya menjumpai VN-VN indie dengan ukuran sebesar ini, kecuali untuk VN buatan Jepang yang playtimenya panjang, banyak CGnya dan full voice).

Setelah tahapan ini selesai, Anda siap untuk masuk ke tahapan selanjutnya, yaitu Build Packageย ๐Ÿ™‚

3. Build Package

Seperti namanya, tahapan ini akan meng-compile semua file yang diperlukan dan sudah diatur sebelumnya untuk kemudian membangun dalam output yang bisa dibaca di Android, yaitu file dengan ekstensi .apk. Proses ini biasanya memakan beberapa waktu tergantung seberapa besar project yang Anda buat. Jika build ini berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi “sukses” di launcher Ren’py yang berbunyi seperti ini.

ย “The built seems to have succeeded”

Aduuuh seneng banget deh kalau sudah sampai tahapan sini ๐Ÿ™‚ pertama kali saya coba dulu sih, sering nggak berhasilnya, hehe, ternyata setelah dicari-cari penyebabnya kadang material yang didownload saat tahapan pertama belum lengkap, atau belum ter-extract secara keseluruhan (kalau sudah begini sih, biasanya dowload terpisah saja, seperti misalnya RAPT, karena ukuran file-nya cukup besar, jadi sering not responding saat download di tengah jalan :/). Ataukah mungkin dalam script Anda ada yang bermasalah saat di-convert ke Android? Bisa jadi. Kalau soal itu tanyakan ke yang expert ya (yang benar2 punya background programming, bukan orang awam seperti saya :p )

Eits, tapi, jangan senang dulu….berhasil sih berhasil, tapi benar bisa dijalankan di Android nggak? Nah oleh karena itu kita perlu menguji output file .apk yang kita buat….eits tapi filenya ada dimana yah? :/ Nah, pertama kali saya buat juga bingung wkwkwk dikira file-nya hilang ditelan bumi :p eh ternyata file .apk kita ada di direktori rapt\bin. Jadi jika aplikasi Ren’Py versi 6.99.4 Anda berada di direktori D:\ misalnya, maka file .apk Anda akan berada diย D:\Ren’Py 6.99.4\rapt\bin.

release

File .apk yang sudah terbuild

Woops….kok file .apknya ada banyak? Tenang tenang, yang fungsional hanyalah yang pakai suffix/akhiran -release kok dibelakangnya ๐Ÿ™‚ file .apk yang lain hanya merupakan “by-product” dari proses building tadi (saya juga nggak ngerti sih bagaimana algoritma Ren’Py dalam nge-build sampai ada “produk sampingan” seperti itu) jadi abaikan saja~ Oh ya nama file ini juga bisa Anda ganti sesuai kebutuhan.

Sekarang tinggal menguji file .apk Anda di Android device sebelum mengunggahnya di Google Play atau AppStore lainnya ๐Ÿ™‚ sebenarnya di launcher Ren’Py tadi ada kan opsi ke 4 dan 5, Build&Install serta Build, Install& Launch, mungkin dengan asumsi selama proses building tsb berlangsung Android device Anda sdh terhubung ke PC melalui USB, tapi selama ini saya tidak pernah melakukannya jadi kurang tahu :’D Setelah proses Build selesai biasanya saya langsung mentransfer file .apk tadi secara manual ke Android device saya sih, baru di-install di Android device juga.

Demikian info yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚ kalau ada yang mau ditanyakan, silakan, akan saya jawab kalau bisa, kalau ada koreksi, silakan diutarakan, maklum saya bukan programmer sesungguhnya ๐Ÿ˜†

Selengkapnya dapat dibaca di dokumentasi resmi Ren’Py tentang build ke Androidย .ย 

———————————————————————————————————-

Oh iya, saat ini saya juga ada project Visual Novel yang sudah release ke Android (masih demo sih) tapi silakan dicoba (FREE) untuk merasakan betapa powerfulnya Ren’py untuk memfasilitasi saya yg orang awam ini sampai bisa launch ke AppStore, hahaha. Saya selama ini cuma belajar dari baca2 tutorial dan dokumentasi sih, sekali-kali dengan bertanya ke para expert ๐Ÿ™‚ tapi yang lebih utama adalah mau mencoba dan gagal berulang kali, hehehe.

app

Jangan lupa untuk dukung terus dunia VN Indonesia ๐Ÿ™‚

vnp at comifuro

Mampir ke website kami, VN Project Indonesia ๐Ÿ˜€


About Tiya Novlita

5th year Pharmacy undergrad student, procrastinating illustrator and Visual Novel developer with zero knowledge of programming
This entry was posted in Tutorial, Visual Novel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Meng-export Visual Novel ke Android dengan Ren’Py

  1. Salam
    Gan mau bertanya. cara export muncul kek gini
    Google Play support is enabled, but build.google_play_key is not set. Please set in your game.
    cara set ke gamenya gimana?
    atau boleh minta file mentah eraser nya gan?

    • Tiya Novlita says:

      Maaf baru balas Mas
      Mas sudah buat account di Google Play Developernya belum? Kalau sudah (seingat saya) Mas akan mendapatkan key (android.keystore) yang harus diletakkan di folder RAPT supaya bisa di-build.
      Saya jug sudah agak lupa2, hampir 2 tahun nggak megang project ini lagi :’)

  2. putri says:

    saya mau nanya , cara install sdk di dalam renpy itu gimnh?. saya sudah nyoba tapi ditengh jalan langsung error.
    saya bingung cara tahap2nya . apa instalan anroid sdknya dipisah atau gimnh?

    • Tiya Novlita says:

      Bisa langsung lewat menu build SDK seperti yang saya jelaskan atau download terpisah. Saran saya sih download saja lewat jendela aplikasi Ren’Py supaya pas dipasang di direktori mana

  3. VNR Indo says:

    artikel yang sangat membantu gan ty,
    jangan lupa berkunjung yaa.
    http://vnr-indo.blogspot.co.id

  4. VNR Indo says:

    artikel yang sangat membantu ty infonya
    jangan lupa kunjungan nya yaa

  5. WakDroid says:

    Min mau tanya, kalo pake pc spek rendah bisa ga ya? mau nyobain soalnya hehe

    • Tiya Novlita says:

      Bisa lebih spesifik gak spek yang rendah itu seperti apa? Laptop saya cukup jadul (Intel Core i3 RAM 2GB Windows 7) tapi bisa kok buat export ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *